TESTIMONI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Hai kawan-kawan…

Pada kesempatan ini Saya akan mencoba memberikan Testimoni mengenai Kegiatan Belajar Mengajar di Program Studi Teknik Industri Universitas Mercubuana khususnya pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer.

Gambar Logo Universitas Mercu Buana by logo.bullgallery.com

Logo Universitas Mercu Buana

Universitas Mercubuana merupakan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan mendapatkan Akreditasi dengan Nilai “A” dan mendapatkan Peringkat Perguruan Tinggi Swasta Terbaik se-Indonesia Tahun 2016 dan Tahun 2017 (versi http://www.4icu.org.id).

cropped-timthumb.jpg

Universitas Mercu Buana: Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

Saya merupakan Mahasiswa Program Kelas Karyawan dengan Prodi Teknik Industri, dimana dalam proses pembelajaran terbagi menjadi 2 sistem, yaitu: perkuliahan biasa (tatap muka) dengan metode ceramah, presentasi, tanya jawab dan perkuliahan dengan sistem e-learning dimana setiap Mahasiswa/i bisa melakukan proses pembelajaran kapan pun dan dimana pun tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat.

Pada proses e-learning, terdapat 3 kali tatap muka, yaitu saat kontrak kuliah, pertemuan ke-7 (sebelum UTS) dan pertemukan ke-15 (sebelum UAS), selebihnya dilakukan secara online dengan kewajiban untuk men-download modul, menjawab forum dan mengerjakan Quiz/Tugas. Kewajiban ini jika dipenuhi akan terintegrasi dengan kehadiran Mahasiswa. Setiap pertemuan dilakukan selama satu minggu tanpa ada pertambahan waktu, karenanya Mahasiswa dituntut untuk disiplin dalam menjalankan aktivitas perkuliahannya.

Saat ini Saya akan memberikan Testimoni tentang Mata Kuliah Aplikasi Komputer:

mkcu

Mata Kuliah Ciri Universitas (e-learning)

“Menurut Saya, Mata Kuliah Aplikasi Komputer yang menjadi Mata Kuliah Ciri Universitas wajib diikuti oleh setiap Mahasiswa/i. Hal ini berguna dalam implementasi di dunia kerja yang notabene harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Materi-materi yang diajarkan di dalam Mata Kuliah Aplikasi Komputer merupakan materi dasar seperti Microsoft Office (Word, Power Point, Excel) yang masih bisa dikuasai. Namun, untuk Microsoft Access dan Open Office merupakan hal yang baru dipelajari, sehingga diperlukan pencarian referensi lain untuk menunjang pembelajaran.”

Selanjutnya, jika berbicara tentang dosen pengampu, pastinya beliau memiliki kompetensi yang mumpuni. Secara garis besar, dosen Universitas Mercu Buana harus memiliki kualifikasi yang baik dengan kompetensi yang handal. Sehingga akan menciptakan Mahasiswa/i yang selalu active learning yang nantinya akan menjadi professional dalam lingkungan kerjanya. Untuk itu, sebagai dosen harus memberikan metode-metode pembelajaran yang asyik tidak sebatas metode ceramah semata, seharusnya dilakukan proses student based learning atau problem based learning yang akan menciptkan Mahasiswa/i yang kritis dalam setiap perkembangan zaman. Dengan begitu akan muncul feedback yang baik antara dosen dan mahasiswa/i.

aptisi-rasio-mahasiswa-dan-dosen-jauh-dari-ideal-2yWu6atUNs

Kegiatan Belajar Mengajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s