Microsoft Access 2010

35-Gambar-DP-BBM-Bergerak-Doraemon

35-Gambar-DP-BBM-Bergerak-DoraemonMicrosoft Access 2010 merupakan bagian dari Microsoft Office yang berfungsi untuk membuat sebuah program dengan database sederhana.

download (3)

Microsoft Access adalah salah satu aplikasi program Microsoft Office yang dapat diterapkan dalam pekerjaan manajerial seperti pembuatandatabase persediaan dalam aktivitas perdagangan. Sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai keguanaan Microsoft Access dalam dunia bisnis terapan, terlebih dulu kita harus mengenal bagian – bagian penting dalam Ms. Access. Bagian – bagian tersebut antara lain :

  •     Tabel –>  merupakan bagian dalam Ms. Access yang berisi database keseluruhan dari tiap kategori. Tabel terdiri dari bebeapa kolom yang disebutField.  Contoh: Tabel data mahasiswa Universitas Bakrie, Tabel Dosen Universitas Bakrie, dll.
  •     Query –> merupakan bagian dari Ms. Access yang dapat digunakan untuk menampilkan field – field tertentu dari bebrapa tabel. Field dari bebeapa tabel tersebut kemudian dibuat menjadi tabel baru.
  •     Form –> merupakan bagian dari Ms. Access yang digunakan dalam proses menginput data ke tabel/ database
  •     Report –> merupakan bagian dalam Ms. Access yang dapat digunakan dalam proses pelaporan database  dan dapat di print out.

Tugas yang pernah diberikan adalah, sebagai berikut:

I. Buatlah sebuah database disimpan dengan nama Tugas_Access_NamaAndadimana didalamnya terdapat nama field sebagai berikut:        

1.    No dengan data Type Auto Number

2.    NIM dengan data Type TEXT

3.    Nama dengan data Type text

4.    Jenis_Kelamin dengan data Type lookup untuk membuat pilihan jenis kelamin laki-laki atau perempuan atau description Jenis Kelamin L/P

5.    Nilai_Absensi dengan data Type Number

6.    Nilai_Pratikum dengan data Type Number

7.    Nilai_Tugas dengan data Type Number

8.    Nilai_UTS dengan data Type Number

9.    Nilai_UAS dengan data Type Number

II. Setelah saudara membuat database tersebut silahkan saudara menginputkan Record minimal 5 record, lalu buat form dengan tampilan Kolom (DIBUAT DATANYA)  

III. Setelah form selesaI, tambahkan text Box diantaranya adalah:      

a)   Total_nilai, dan bangun sebuah fungsi dengan ketentuan: “Total nilai = 10% dari nilai_absensi +  15% dari nilai_Pratikum + 30% dari nilai_Tugas + 20% dari Nilai_UTS + 25% dari nilai_UAS

b)   Keterangan, dan bangun sebuah fungsi dengan ketentuan: 

“Jika Total_Nilai >= 80 maka A”

“Jika Total_nilai >=65 maka B”

“Jika Total_Nilai >=40 maka C”

“Jika Total_Nilai <40 maka D”

IV. Tambahkan juga Command Button untuk perintah2 dibawah Ini  

a)   Add New Record

b)   Save Record

c)    Delete Record

d)   Print Record

Microsoft Access berperan dalam mengelola database yang begitu banyak dan tertuang dalam wadah aplikasi untuk memonitoringnya, sehingga data yang telah tersedia terstruktur dengan baik dan rapi.

Keuntungan menggunakan Database    : 
1. Kontrol data terpusat
2. Data dapat dipakai bersama (share)
3. Redundansi data ( kerancuan data ) dapat dihindari dan dikontrol
4. Independensi data
5. Integritas data yang terpelihara
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s